Minggu, 14 November 2010

JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER adalah Hubungan antara dua atau lebih piranti komputer dan/atau asesoris komputasi lainnya untuk berbagi data, mesin cetak (printer), perangkat penyimpanan (storage), koneksi internet, dan lain-lain
FUNGSI JARINGAN

• Berbagi koneksi internet
• Berbagi printer, perangkat penyimpanan, atau asesoris lainnya
• Memainkan permainan yang mendukung konsep jaringan
• Berbagi data

JENIS-JENIS JARINGAN
• Broadcast Links
• Point-to-point Links
Local Area Network (LAN)

• Jaringan komputer lokal yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dimana perangkat jaringan yang saling terhubung terletak didalam sebuah gedung atau antar gedung yang berjarak beberapa km.

Metropolitan Area Network (MAN)

• Jaringan komputer yang jangkauannya mencakup kota.
• Teknologi: jaringan Antar Kampus Gunadarma


Wide Area Network (WAN)

• Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua.

Internetwork (internet)
Adalah jaringan yang bersifat global, dan dapat di akses dimana saja oleh siapa pun
MEDIA TRANSMISI JARINGAN
Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakai sebagai media pengirim, baik untuk pengiriman dan penerimaan data.
1. Copper media merupakan semua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga. Orang biasanya menyebut dengan nama kabel. Data yang dikirim melalui kabel, bentuknya adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital.
A. Coaxial cable digunakan sebagai kabel antena TV. Disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector).
B. Twisted-pair cable
Kabel STP (Shielded Twisted Pair) Keuntungan lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar. Kekurangannya adalah mahal, susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m .
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah murah dan mudah diinstalasi. Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik, dan jarak jangkauannya hanya 100m.
2. Optical media Ada tiga jenis kabel fiber optic yang biasanya digunakan, yaitu single mode, multi mode dan plastic optical fiber yang berfungsi sebagai petunjuk cahaya dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya. Dari transmitter^ receiver, yang mengubah pulsa elektronik ke cahaya dan sebaliknya, dalam bentuk light-emitting diode ataupun laser.
3. Wireless network Saat ini sudah banyak digunakan jaringan tanpa kabel (wireless network), transmisi data menggunakan sinar infra merah atau gelombang mikro untuk menghantarkan data. Walaupun kedengarannya praktis, namun kendala yang dihadapi disini adalah masalah jarak, bandwidth, dan mahalnya biaya.
DEVICE NETWORK
NIC MODEM HUB/SWITCH ROUTER

MODEL KOMUNIKASI UMUM
Computer modem modem server

SISTEM SUMBER SISTEM TUJUAN
JENIS-JENIS JARINGAN
 Bus Pada topologi linear bus semua PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang berbentuk garis lurus (linear). Sehingga, data yang dikirim akan melalui semua terminal pada jalur tersebut. Jika alamat data tersebut sesuai dengan alamat yang dilalui, maka data tersebut akan diterima dan diproses.
 Star Pada topologi star semua PC (terminal) dihubungkan pada terminal pusat (server) yang menyediakan jalur komunikasi khusus untuk terminal yang akan berkomunikasi. Sehingga, setiap pengiriman data yang terjadi akan melalui terminal pusat.
 Ring Pada topologi ring semua PC (terminal) dihubungkan pada jalur data (bus) yang membentuk lingkaran. Sehingga, setiap terminal dalam jaringan saling tergantung. Akibatnya, apabila terjadi kerusakan pada satu terminal, maka seluruh jaringan akan terganggu.
 Mesh Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi
• Berdasarkan protokol:
A. Ethernet
B. Token Ring
C. dll
• Berdasarkan arsitektur
A. Peer-to-peer
B. Client/Server
C. hybrid

IP ADDRESS DAN SUBNETTING
Agar unik setiap computer yang terkoneksi ke Internet diberi alamat yang berbeda. Alamat ini supaya seragam seluruh dunia maka pemberian alamat IP address diseluruh dunia diberikan oleh badan internasional Internet Assigned Number Authority (IANA), dimana IANA hanya memberikan IP address Network ID nya saja sedangkan host ID diatur oleh pemilik IP address tersebut.
Ip address dibagi menjadi 2 bagian yaitu Network ID dan Host ID, Network ID yang akan menetukan alamat dalam jaringan (network address) sedangkan Host ID menentukan alamat dari peralatan jaringan yang sifatnya unik untuk membedakan antara satu mesin dengan mesin lainnya
Subnetting digunakan untuk membuat network ID baru dari suatu network yang kita miliki sebelumnya, subnetting berfungsi untu memecahkan satu buah betwork menjadi beberapa network. Untuk memperbanyak network ID dari suatu network ID yang sudah ada, dimana sebagai host id dikorbankan untuk digunakan dalam membuat ID tambahan, rumus yang digunakan untuk mencari banyaknya subnet adalah 6^n -2, dan rumus untuk mencari host per subnet adalah 2^m -2.

Tidak ada komentar: