java
SEJARAH
Pada tahun 1991 : Project “Green”, kelompok Sun enginer dipimpin James Gosling akan merancang program simple untuk konsumsi elektronik consumer. 1992: Project menghasilkan produk bernama “*7”, kurang sukses.1993-mid1994:Project baru “First Person Inc”, Patrick Naughton mencoba memasrakan *7 (300.000 air mail) gagal.1994: Patrick Naughton dan Jonathan Payne merancang THE REAL BROWSER (architectur neutral, real-time,relaible and secure) disebut HOtJava, ditulis dalam java.1995 : The breakthrough for widespread use of java, when Netscape (ditulis oleh Jim Clark) membuat browsernya JAVA ENABLE.1996 :Januari - Netscape ver 2.0 menggunakan java 1.0
KELEBIHAN JAVA
Sederhana dan ampuh :Mudah dipelajari jika telah mengenal konsep OOP, terbuka dan mudah dikembangkan.
Aman : DIbuat dengan pertimbangan penuh keamanan diinternet.
Full OOP : Hanya program java yang benar-benar OOP. Kebanyakan bahasa program lain memiliki heararchi data yang kaku. Bahkan OOP adalah fasilitas dan pilihan saja.
Kokoh : Kekokohan terkait dengan beberapa kelemahan program lain seperti Pascal atau C++ dengan pointer, pengaturan memori dengan konsep garbage collection.
Interaktif : Dirancang untuk kebutuhan pemrograman jaringan yang interaktif.
Netral arsitektur : Mengatasi portabilitas program anatar sistem operasi (Mac, PC, UNIX) dengan konsep java-code byte dan Java Virtual Machin
STRUKTUR PROGRAM
Secara prinsip program java dapat dibedakan menjadi 2, yaitu aplikasi dan applet :
Aplikasi : Adalah program java yang dapat berdiri sendiri, dikompile dan dieksekusi secara mandiri.Ciri utama suatu program java adalah aplikasi adalah didalamnya ada definisi metod main dengan syntax :public static void main (String [ ] arg)
Applet : Program java yang dicompile menjadi file class (kode byte) dan eksekusinya di-INSERT-kan dalam file HTML yang selanjutnya dieksekusi dengan suatu browser tertentu. Applet juga dapat dieksekusi menggunakan program appletviewer dalam JDK.
• Suatu aplikasi java memiliki struktur sbb:
[import nama_package]
[public] class nama_Class [ extends nama_induk] [implements nama_interface,namainterface,.. ]
{ [definisi data dan definisi variabel ]
[definisi metod-metod ]
public static void main (String [] arg)
{ …………
} // akhir main
} //akhir definisi class
• Keterangan :
Tanda [ ] berarti bagian tersebut bersifat pilihan (boleh tidak ada).
Tanda // berarti dibelakang tanda tersebut adalah komentar program .
TIPE DATA
Data primitive : Data-data dasar java, yang hampir sama dengan C++
Data Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d 9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127
Data floating point :
float 4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F (7 digit ignifikan)
double 8 byte kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15
digit signifikan)
karakter dan boolean
char 1 byte 1 karakter
boolean bernilai true, false.
OPERATOR
Operator aritmatik :
+, - , * dan / untuk : penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
+= , yakni : x+=4 ekivalen dengan operasi : x=x+4
-= ; *= dan /= memiliki ekivalensi yang sama dengan -=
++ yaitu : n++ ekivalen dengan n=n+1 (increment by one)
-- yaitu : n-- ekivalen dengan n=n-1 (decrement by one)
% untuk MODULO, yaitu : 5 % 3 sama dengan 2
Operator relational dan logika :
< , > , <= dan >= adalah : lebih kecil, lebih besar, lebih kecil atau sama dan lebih besa atau sama
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
|| untuk operator OR
VARIABEL
Terdapat beberapa batasan yang harus diperhatikan dalam penentuan nama variabel pada saat proses deklarasi, yaitu sebagai berikut:
Nama variabel tidak boleh mengandung spasi. Gunakan tanda “-” atau “_”.
contoh : int Bilangan_bulat;
Nama variabel tidak boleh berupa angka atau diawali oleh karakter numerik (angka).
contoh : double T12;
Nama variabel tidak boleh mengandung karakter simbol, kecuali tanda $.
contoh : char $a;
Nama variabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah didefinisikan di dalam Java.
contoh : byte while ; // SALAH
Dalam satu blok program, nama variabel harus bersifat unik atau berbeda satu sama lain.
Usahakan nama variabel sedeskriptif mungkin sehingga kode program dapat lebih mudah dipahami oleh orang lain (terutama bila bekerja dengan tim).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar