Minggu, 14 November 2010

JAVA

java
SEJARAH
Pada tahun 1991 : Project “Green”, kelompok Sun enginer dipimpin James Gosling akan merancang program simple untuk konsumsi elektronik consumer. 1992: Project menghasilkan produk bernama “*7”, kurang sukses.1993-mid1994:Project baru “First Person Inc”, Patrick Naughton mencoba memasrakan *7 (300.000 air mail) gagal.1994: Patrick Naughton dan Jonathan Payne merancang THE REAL BROWSER (architectur neutral, real-time,relaible and secure) disebut HOtJava, ditulis dalam java.1995 : The breakthrough for widespread use of java, when Netscape (ditulis oleh Jim Clark) membuat browsernya JAVA ENABLE.1996 :Januari - Netscape ver 2.0 menggunakan java 1.0
KELEBIHAN JAVA
Sederhana dan ampuh :Mudah dipelajari jika telah mengenal konsep OOP, terbuka dan mudah dikembangkan.
Aman : DIbuat dengan pertimbangan penuh keamanan diinternet.
Full OOP : Hanya program java yang benar-benar OOP. Kebanyakan bahasa program lain memiliki heararchi data yang kaku. Bahkan OOP adalah fasilitas dan pilihan saja.
Kokoh : Kekokohan terkait dengan beberapa kelemahan program lain seperti Pascal atau C++ dengan pointer, pengaturan memori dengan konsep garbage collection.
Interaktif : Dirancang untuk kebutuhan pemrograman jaringan yang interaktif.
Netral arsitektur : Mengatasi portabilitas program anatar sistem operasi (Mac, PC, UNIX) dengan konsep java-code byte dan Java Virtual Machin
STRUKTUR PROGRAM
Secara prinsip program java dapat dibedakan menjadi 2, yaitu aplikasi dan applet :
 Aplikasi : Adalah program java yang dapat berdiri sendiri, dikompile dan dieksekusi secara mandiri.Ciri utama suatu program java adalah aplikasi adalah didalamnya ada definisi metod main dengan syntax :public static void main (String [ ] arg)
 Applet : Program java yang dicompile menjadi file class (kode byte) dan eksekusinya di-INSERT-kan dalam file HTML yang selanjutnya dieksekusi dengan suatu browser tertentu. Applet juga dapat dieksekusi menggunakan program appletviewer dalam JDK.
• Suatu aplikasi java memiliki struktur sbb:
[import nama_package]
[public] class nama_Class [ extends nama_induk] [implements nama_interface,namainterface,.. ]
{ [definisi data dan definisi variabel ]
[definisi metod-metod ]
public static void main (String [] arg)
{ …………
} // akhir main
} //akhir definisi class
• Keterangan :
 Tanda [ ] berarti bagian tersebut bersifat pilihan (boleh tidak ada).
 Tanda // berarti dibelakang tanda tersebut adalah komentar program .

TIPE DATA
 Data primitive : Data-data dasar java, yang hampir sama dengan C++
 Data Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d 9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127
 Data floating point :
float 4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F (7 digit ignifikan)
double 8 byte kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15
digit signifikan)
 karakter dan boolean
char 1 byte 1 karakter
boolean bernilai true, false.
OPERATOR
 Operator aritmatik :
+, - , * dan / untuk : penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
+= , yakni : x+=4 ekivalen dengan operasi : x=x+4
-= ; *= dan /= memiliki ekivalensi yang sama dengan -=
++ yaitu : n++ ekivalen dengan n=n+1 (increment by one)
-- yaitu : n-- ekivalen dengan n=n-1 (decrement by one)
% untuk MODULO, yaitu : 5 % 3 sama dengan 2
 Operator relational dan logika :
< , > , <= dan >= adalah : lebih kecil, lebih besar, lebih kecil atau sama dan lebih besa atau sama
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
|| untuk operator OR
VARIABEL
Terdapat beberapa batasan yang harus diperhatikan dalam penentuan nama variabel pada saat proses deklarasi, yaitu sebagai berikut:
 Nama variabel tidak boleh mengandung spasi. Gunakan tanda “-” atau “_”.
contoh : int Bilangan_bulat;
 Nama variabel tidak boleh berupa angka atau diawali oleh karakter numerik (angka).
contoh : double T12;
 Nama variabel tidak boleh mengandung karakter simbol, kecuali tanda $.
contoh : char $a;
 Nama variabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah didefinisikan di dalam Java.
contoh : byte while ; // SALAH
 Dalam satu blok program, nama variabel harus bersifat unik atau berbeda satu sama lain.
 Usahakan nama variabel sedeskriptif mungkin sehingga kode program dapat lebih mudah dipahami oleh orang lain (terutama bila bekerja dengan tim).

Tidak ada komentar: